2023 ke 2024

Review tahunan saya dari awal 2023 hingga awal 2024, so much fun!

8bit me wkwkw

Rafi Priatna Kasbiantoro

PersonalReview Tahunan

Selamat tahun baru semuanya! Saatnya untuk menulisan review selama satu tahun. Ini adalah artikel pertama saya terkait review tahunan saya. 😁

Saya memiliki harapan yang sangat tinggi buat tahun 2024! Awal tahun ini, saya ambil cuti di tempat saya bekerja. Lumayan liburan awal tahun hehe.

Pekerjaan Baru

Sebenernya, ini jatuhnya ke dua tahun lalu sih. Lebih tepatnya akhir tahun 2022. Tapi gapapa, saya tulis di sini, karena baru terasanya pas memasuki tahun 2023.

Pada tanggal 01 Desember 2022, saya akhirnya mendapatkan pekerjaan baru dan pekerjaan pertama saya sebagai Junior Penetration Tester atau Cyber Security Engineer.

Selama setahun ini, saya selalu mendapatkan hal baru tiap kali mengerjakan projek Security Assessment. Awal tahun, baru masuk sebulan, saya sudah dihajar projek-projek Mobile Pentesting. Dari sana, saya berkenalan dengan banyak tools baru, seperti: frida, objection, JD GUI, JADX Gui, dan sebagainya.

Selain itu, saya juga belajar lebih dalam tentang Web Pentesting, karena sewaktu saya kuliah dulu saya sering ikut CTF dan main di kategori Web Exploitation. Jadi, ya kurang lebih lebih apa yang saya lakukan saat kuliah masih nyambung di pekerjaan baru saya ini.

Awal-awal bekerja, ada banyak kesalahan yang saya lakukan wkwkw. Misalnya, saya izin karna wisuda (saya wisuda di bulan Desember 2022 btw), baru bilang ke Project Manager itu H-1 tanggal wisuda wkwkwk. Untung Project Manager saya ngizinin.

Onsite Pertama

Saya juga masih deg-degan waktu dapet projek onsite, bulan Februari (dua bulan setelah saya bekerja), saya dapat dapat onsite ke Kuningan. Untung ditemenin oleh senior, jadi agak santai sedikit. Meskipun tetep deg-degan, karena saya belum pernah melakukan pekerjaan VAPT (Vulnerability Assessment & Penetration Testing).

VAPT pertama saya itu, saya belajar banyak hal lagi. Misalnya, setelah melakukan scanning jaringan, jika ditemukan kerentanan, maka harus diverifikasi dulu apakah kerentanan tersebut valid atau tidak, menggunakan NMAP. Lalu, coba lakukan eksploit jika bisa, itu bisa berpengaruh ke skor kerentanannya. Misalnya jika ditemukan kerentanan critical waktu dilakukan scanning, namun saat dilakukan percobaan exploit tidak berhasil, bisa saja skor kerentanannya bisa turun dari critical menjadi high atau medium.

Client pertama saya untuk onsite ini cukup friendly. Saya sering dikasih es kopi atau makan siang gratis. Merasa sangat bersyukur :)

Film yang saya tonton

Beberapa film yang saya tonton baik itu di bioskop maupun di media layanan streaming.

Judul Film Production House Rating Pribadi 🎬
Ant-Man and the Wasp: Quantumania Marvel Studios ⭐9/10 XXI
Guardians of the Galaxy Vol. 3 Marvel Studios ⭐9/10 XXI
Transformers: Rise of the Beasts Paramount Pictures ⭐8,5/10 XXI
Ketika Berhenti di Sini Sinemaku Pictures ⭐8/10 XXI
172 Days StarVision Plus ⭐8/10 XXI
The Marvels Marvel Studios ⭐8/10 XXI
Aquaman and the Lost Kingdom Warner Bros ⭐8/10 XXI
Loki Season 2 Marvel Studios ⭐8/10 Streaming Disney+
WandaVision Marvel Studios ⭐7/10 Streaming Disney+

Tempat yang saya kunjungi

Selama 2023 ini, saya banyak mengunjungi tempat-tempat yang dulu sangat ingin saya kunjungi. Saya ngga bisa banyak membuat kata-kata, ini saya kasih foto-fotonya saja. 😁

Taman Sakura AEON Mall BSD City
Taman Sakura AEON Mall BSD City

South Quarter
South Quarter

Dufan
Dufan

Hutan Kota GBK
Hutan Kota GBK

Taman Langsat
Taman Langsat

BXSea Bintaro Jaya
BXSea Bintaro Jaya

Tempat kerja baru (di rumah)

Kamar saya sudah direnovasi, sekarang saya punya meja kerja sendiri. Ya, meskpun masih sangat sederhana, tapi lumayan lah daripada lesehan wkwkw.

Meja Kerja Baru
Meja Kerja Baru

Apa yang sudah saya pelajari

Beberapa topik Cyber Security yang saya pelajari selama setetahun:

  • Linux PrivEsc
  • Windows PrivEsc
  • Social Engineering
  • Information Gathering
  • Antivirus Evasion
  • Active Directory

Apa yang ingin saya raih (Resolusi 2024?)

Beberapa topik yang ingin saya raih atau setidaknya saya pelajari selama 2024:

  • Menulis report penertation dengan baik dan benar. Termasuk perjelas penulisan Proof of Concept dan sebagainya.
  • Perdalam topik PrivEsc.
  • Lulus OSCP.
  • Lebih bisa memanajemen waktu.
  • Lebih banyak membaca.
  • Perdalam softskills.
  • Menulis banyak artikel di blog ini, terutama tentang Cyber Security.
  • Membuat jurnal harian.

Kesimpulan

Tahun ini saya banyak sekali belajar hal baru, terutama di dunia Cyber Security. Terlepas karena tuntutan pekerjaan, dari diri saya sendiri pun ada keinginan untuk mempelajari hal itu, jadi saya merasa fun. Saya juga mengujungi banyak tempat-tempat menarik, ya meskipun nggak jauh-jauh, tapi saya merasa senang, apalagi ditemenin sama my lovely girlfie. 🫰

Saya juga menonton banyak film-film seru, wah, tahun 2023 banyak film seru dari Marvel. Meskipun rada pusing nontonnya karena temanya Multiverse, tapi tetep seru menurutku.

Harapannya di tahun ini, 2024, saya dapat berkembang lebih baik daripada tahun kemarin. Saya bisa menguasai softskills, lebih bisa memanajemen waktu, lebih banyak membaca, dan lebih banyak topik cybersec yang saya pelajari.

Sekian, terima gaji.